tugas 3 kelas 5 tema 6

sd kop dumas
nama :
nomer absen :
kelas :
nama SD :
soal matematikagambar kurtilas

Kompetensi Dasar:
3.6 Menentukan hubungan antar satuan kuantitas dalam kehidupan sehari-hari (rim, lusin, kodi).
Indikator:
• Memahami kesetaraan antar satuan kuantitas (rim, lusin, kodi).
Kompetensi Dasar:
4.13 Merumuskan dengan kalimat sendiri, membuat model matematika, dan memilih strategi yang efektif dalam memecahkan masalah nyata seharihari yang berkaitan dengan konsep perbandingan, skala, dan hubungan antar kuantitas, serta memeriksa kebenaran jawabnya.
Indikator:
• Menuliskan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan

gambar kurtilas

jawablah pertanyaan dibawah ini dengan benar!

1. Pak Kasdut membutuhkan kertas untuk membuat soal ulangan. Dia membutuhkan 650 lembar untuk satu kelasnya. Jika di
sekolah ada 6 kelas, berapa rim lebih yang dibutuhkan sekolah untuk membuat soal ulangan?

2. Ahmad mempunyai satu setengah gross manik-manik. Ahmad menggunakan 8 lusin 7 buah manik-manik untuk membuat
kalung. Berapa sisa manik-manik Ahmad?

3. Satu Gros itu isinya berapa lusin?

4. Mang Abdul setiap hari berjalan kaki ke ladangnya sepanjang 3 KM. Berapa meterkah jarak yang sudah ditempuh Mang
Abdul?

5. Wiwik ingin mengikat rambutnya seperti ekor kuda, untuk itu dia memerlukan 2 lusin karet gelang. Jika dihitung
satuan maka 2 lusin karet gelang terdiri dari berapa buah?

6. Jika membeli pakaian di pasar grosir tanah abang, pembeli tidak boleh membeli satuan, tapi minimal setengah kodi.
Setengah kodi berarti berapa potong pakaian?

7. Pak guru Utis mempunyai persediaan kertas sebanyak 5 rim lebih 180 lembar. Setelah dilihat ternyata terdapat 45
lembar kertas rusak. Berapa banyak kertas yang masih baik?

8. luas lingkaran berikut yang memiliki radius 12 cm (π = 3,14) adalah…

9. Jarak rumah Ahmad ke toko Haji Aceng 1800 meter. Ahmad mencapai finish selama 9 menit. Dodo berhasil mencapai
finish selama 6 menit. Berapa jarak yang di tempuh Ahmad dan Dodo setiap menitnya?

10.Tuliskan rumus untuk mengetahui kecepatan, jarak dan waktu!

11. Dayu akan membeli ikat rambut disebuah toko. Di toko tersebut ada 5 lusin ikat rambut. Dayu membeli setengah
lusin. 5 lusin = . . . buah . (1 )/2 lusin = . . . buah

12. Ibu Ayu seorang penjual kain batik. Ibu Ayu mempunyai persediaan 8 kodi kain batik. Hari ini ibu Ayu sudah
menjual 1/4 kodi kain batik.
8 kodi = . . . potong.
1/4 kodi = . . . potong

13. Pak Heri sebagai penjaga kios fotokopi. Di kios Pak Heri terdapat persediaan 6 rim kertas foto kopi. Pak Heri
sudah menggunakan 1 1/2 rim kertas untuk memfotokopi.
6 rim = . . . lembar
1 1/2 rim = . . . lembar

14. Ibu Nita seorang penjahit. Ibu Nita mempunyai persediaan 1/2 gros kancing baju yang polos.
1/2 gros = . . . lusin
1/2 gros = . . . buah

15. 1 rim = ….. lembar
1 kodi = . . . potong
1 gross = 12 lusin

petunjuk setelah pengerjaan soal :
setelah soal selesai dikerjakan semua. kirim ke email : titiksri65@yahoo.co.id
003 TS  1

*******************SELAMAT MENGERJAKAN SEMOGA SUKSES SELALU*********************

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s